Teknologi Robot Paling Canggih Saat Ini

Teknologi robot makin berkembang dengan kemampuan meniru gerakan manusia (humanoid) yang makin disempurnakan. Tidak hanya gerakan manusia, hewan piaraan pun ditiru dengan kemampuan yang mirip aslinya. Tentu saja robot-robot ini tidak bisa menggantikan keberadaan manusia atau hewan piaraan, tapi setidaknya sudah terbukti mampu membantu berbagai macam pekerjaan yang biasa dilakukan oleh manusia dan bahkan mampu menjadi entertainer sebagai penari misalnya.

1. Yume Neko Smile: the robo-cat

Seneng kucing tapi alergi sama bulu kucing ? Segatoys punya solusinya. The Yume Neko Smile (“Senyum Kucing Impian”) adalah robot kucing yang unik tidak seperti mainan biasa. The Yume Neko Smile tingginya 13 inci dan berat 4,5 pound. Dilengkapi dengan 5 sensor yang tersembunyi yang bereaksi terhadap sentuhan. Yume Neko tidak akan bisa memburu tikus tapi matanya bisa berkedip, menggerakkan mulutnya, lehernya, menaikkan pantatnya, dan tiduran, serta selalu mendengkur, meong, dan coba tekan ekornya, dia akan marah dan mendesis. Setelah ditinggal dalam satu saat, seperti layaknya kucing sungguhan, dia akan tertidur, mulai mendengkur pelan dan akhirnya diam dalam mode low-power. Tentu saja, kucing ini bulunya tidak bau dan tidak bikin alergi.

2. Murataseiko-chan: Robot Sepeda Satu Roda

Produsen alat elektronik Murata Manufacturing Co., Ltd., pencipta robot “Murata Boy” yang populer, membuat robot dengan kemampuan menyeimbangkan dirinya sendiri yang diberi nama “Murata Seiko-chan.” Tidak hanya menyeimbangkan dirinya saat mundur dan maju, tapi juga mendeteksi halangan dengan sensor-sensornya dan bergerak mendahului atau memutarinya. Robot dengan tinggi 50 cm dan berat 5 kg ini dilengkapi dengan bluetooth dan kamera yang mengirim sinyal video live.

3. Toyota’s Humanoid: robot pemain biola

Toyota baru-baru ini memperkenalkan robot baru yang mampu bermain biola. Meski permainannya belum terdengar sempurna, robot dengan tinggi 1,5 m ini mampu memainkan “Pomp dan Circumstance” dari Elgar tanpa salah.

4. AR: Robot Pelayan dari Jepang

Assistant Robt (AR) asli Jepang ini lumayan tangguh untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan seperti mencuci, ngepel, dan membersihkan dapur. Tapi jangan seneng dulu, produsennya bilang butuh satu atau dua dekade untuk memproduksi massal robot ini.

5. LandShark: Robot Peace Maker

Misi robot yang didesain oleh Black-i Robotics ini adalah untuk perdamaian dunia – robot ini mampu menjinakkan bom. Perusahaan pembuatnya didirikan oleh Brian Hart setelah dia kehilangan anak laik-lakinya dalam perang Irak. Robot ini cukup rumit dan didesain khusus sebagai penjinak bom dan menyelamatkan prajurit yang terluka dalam perang.

6. Ac-Yut II: Robot Kung-Fu yang Menari

AcYut adalah robot humanoid India pertama yang dibuat di Centre for Robotics & Intelligent Systems, BITS Pilani, India. AcYut artinya “abadi” atau “tak akan pernah gagal” dalam bahasa sansekerta. Desain robot ini memenangi medali perunggu untuk kategori Humanoid kelas menengah pada perhelatan 2009 RoboGames di San Fransisco. Robot ini memiliki keseimbangan yang luar biasa dan suka kungfu

7. EMA: Robot Jepang yang Bisa Berciuman

EMA (Short for Eternal, Maiden, Actualization) adalah robot humanoid “hot” pertama dari Jepang. Didesain oleh Sega, tingginya 38 cm, robot montok yang suka mencium, bernyanyi, dan bergoyang. Menggunakan sensor-sensor infra merah dan bertenaga baterai, gadis kecil ini akan mencium orang yang berada di dekatnya, menjadi apa yang desainernya sebut “Love Mode”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *